Resep Membuat Martabak Manis Spesial Rumahan

January 04, 2016
Resep Martabak - Kue Martabak ini tentunya sudah tidak asing lagi dan sudah populer sejak lama di berbagai kawasan daerah  di indonesia, karena sudah tersebar luaskan  oleh para pedagang-pedagang  yang menjajakan dagangan kue martabak di tempat-tempat yang ramai di kunjungi orang atau di pinggir jalan.

kue martabak manis ini biasanya di buat oleh para pedagang dengan beraneka ragam rasa seperti martabak rasa keju, martabak rasa kacang, martabak rasa cokelat, martabak rasa ketan, martabak pisang keju, martabak pisang cokelat dan lain-lain tergantung selera pembelinya.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat jajanan kuliner kue martabak manis ini di rumah sendiri tetapi tidak tahu resep dan cara membuatnya janganlah khawatir karena di kesempatan ini kami akan membahas tentang Resep Membuat Martabak Manis Spesial Rumahan mudah dan cepat  khusus kami buatkan artikelnya untuk anda, mari segera kita lihat resep dan caranya di bawah ini dan selamat mencoba.

Resep Membuat Martabak Manis Spesial Rumahan
Bahan-bahan :
- Telur sebanyak 2 butir, kocok lepas
- Margari cair sebanyak 1 sendok makan
- Ragi instan sebanyak 1/2 sendok teh
- Gula pasir sebanyak 125 gram
- Baking powder sebanyak 1 sendok teh
- Air bersih sebanyak 600 mili liter
- Pasta vanili sebanyak 1/4 sendok teh
- Garam sebanyak 1/2 sendok teh
- Tepung terigu segitiga biru sebanyak 500 gram

Bahan Isinya :
- Susu kental manis secukupnya
- Keju cheddar secukupnya

Cara membuat martabak manis spesial :
1. Campurkan tepung, telur, gula pasir, margarin cair, ragi instan, garam dan pasta vanili.
2. Lalu tuangkan air perlahan saja sedikit demi sedikit, sambil di aduk-aduk.
3. Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan sedang saja, kocok sampai tercampur rata dan adonannya lembut mengembang.
4. Langkah selanjutnya masukan baking powder dan aduk rata kembali, setelah tercampur tutup wadahnya dan diamkan sekitar 30 - 40 menit.
5. Lalu langkah selanjutnya panaskan wajan khusus untuk membuat martabak dan olesi wajan dengan margarin.
6. Tuangkan adonan yang sudah di diamkan tadi dan buat permukaan wajannya merata, perhatikan hingga permukaan adonan bergelembung lalu tutup wajannya.
7. Masak sampai matang lalu angkat, olesi di permukaannya dengan margarin. setelah itu parut keju secukupnya di atas permukaan martabak tersebut.
8. Proses terakhir adalah menyiran dengan susu kental manis secukupnya saja di permukaan martabak, lalu belah lah martabak tersebut menjadi dua bagian dan tumpangkan menjadi setengah lingkaran.
9. Setelah itu potong kembali martabak yang sudah berbentuk setengah lingkaran tersebut menjadi bebrapa bagian.
10. Kue martabak manis spesial sudah siap saji, selamat mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »